Kidung Tirto Ingatkan Jabatan Wamen Bukan Ban Serep

TEROPONGISTANA.COM JAKARTA – Jabatan wakil di kementerian dan lembaga pemerintah sering dianggap kurang efektif dan kinerjanya tidak maksimal. Padahal jabatan tersebut dinilai strategis dalam mendukung jalannya pemerintahan.

Hal ini menjadi perhatian Kidung Tirto Suryo Kusumo, budayawan dan spiritualis nusantara yang juga pemerhati masalah sosial, politik, hukum dan keamanan. Dia pun menyampaikan pesan khusus untuk para wakil menteri/pimpinan lembaga yang sering menjadi perbincangan publik.

“Jabatan wakil menteri atau wakil pimpinan di lembaga pemerintah bukanlah pemain cadangan atau ban serep. Mereka tidak boleh partisan tetapi harus bekerja keras mendukung kinerja Menteri dan Presiden,” katanya seusai perjalanan spiritual dari Gunung Lawu, Jawa Tengah, Kamis (24/2/2022).

Baca juga : Caketum DPP AMPI, Begini Program Ajus Linggih

Menurut Kidung Tirto, beberapa wakil menteri (Wamen) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo belum menunjukkan kinerja yang diharapkan sehingga menjadi beban di dalam pemerintahan.

“Kita juga mengingatkan agar Wamen tidak berpolitik praktis sebab mereka ada yang berasal dari organisasi politik. Mereka harus mendukung visi misi Presiden demi kepentingan bangsa dan Negara,” ujarnya.

Bagi Wamen yang tidak produktif, Kidung Tirto mendukung Presiden Jokowi untuk segera menggantinya dengan para profesional atau tokoh lain yang dinilai lebih baik. “Masih banyak profesional dan tokoh yang memiliki kemampuan untuk menjadi Wamen. Jika perlu dilakukan fit and proper test untuk mendapatkan kandidat terbaik,” ungkapnya.

Kidung Tirto mengapresiasi Presiden Jokowi yang berupaya memperkuat kinerja pemerintah dengan mengangkat beberapa Wamen di sejumlah kementerian dan lembaga. Dia menilai kebijakan Presiden tepat dan sesuai dengan dinamika pemerintahan saat ini.

Kidung Tirto juga mengapresiasi sejumlah Kepala Daerah yang kinerjanya dinilai luar biasa dalam memimpin daerah. Salah satunya, menurut dia, adalah Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Apresiasi tersebut bukan karena Gibran adalah anak Presiden Jokowi sehingga kebijakannya sejalan dengan pemerintah, namun lebih kepada kualitas kepemimpinannya yang patut diapresiasi.

“Selain muda dan bersemangat tinggi, Gibran memiliki visi masa depan seperti Presiden Jokowi. Saya melihat Gibran adalah salah satu calon pemimpin masa depan Indonesia,” kata Kidung Tirto.

Saat ini terdapat 17 pejabat Wamen di Kabinet Indonesia Maju dan terus bertambah. Presiden juga segera menunjuk Wamen di beberapa kementerian, termasuk Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, dan Kementerian Perhubungan.

Jabatan Wamen yang sudah terisi saat ini, antara lain Wamen Keuangan, Wamen Luar Negeri, Wamen Perdagangan, Wamen Agama, Wamen Agraria dan Tata Ruang, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, Wamen Pertahanan, Wamen Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dua orang Wamen Badan Usaha Milik Negara, Wamen Kesehatan, Wamen Hukum dan HAM, dan Wamen Pertanian.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *